MAKALAH KEHIDUPAN ETNIS MINANG KABAU DI JAKARTA

MAKALAH

KEHIDUPAN ETNIS MINANG KABAU DI JAKARTA

 

GUNDAR 

Disusun oleh :

Kelompok 4

Sandy Kurniawan

Bahri Fachrezza

Ivan Rajendriya A.

Aditya Suryani

Dwi Laras Seftyantri

Shavira Rizqi Utami

1EA19

 

FAKULTAS EKONOMI

UNIVERSITAS GUNADARMA

2015

 

 

KATA PENGANTAR

 

Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, Kami panjatkan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ilmiah ini tentang Kehidupan Etnis Minang Kabau Di Jakarta.

Makalah ilmiah ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini.

Terlepas dari semua itu, Kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah ilmiah ini.

Akhir kata kami berharap semoga makalah ilmiah tentang Kehidupan Etnis Minang Kabau Di Jakarta ini dapat memberikan manfaat maupun inpirasi terhadap pembaca.

 

Jakarta, 28 Desember 2015

Penyusun

 

 

 

DAFTAR ISI

 

 

Kata Pengantar ………………………………………………………………….i
Daftar Isi …………………………………………………………………………ii
Bab I Pendahuluan ……………………………………………………………..1
A. Latar Belakang ……………………………………………………………….1
B. Rumusan masalah …………………………………………………………..1
Bab II Pembahasan ……………………………………………………………….2
A. Pengertian Etnis Minang Kabau…………………………………………….2
B. Kehidupan Etnis Minang Kabau Di Jakarta………………………………..2

C. Melestarikan Etnis Minang Di Jakarta……………………………………..5

D. Dampak Yang Mempengaruhi Etnis Minang Kabau Di Jakarta……….6
Bab III Penutup ……………………………………………………………….7
A. Kesimpulan ………………………………………………………………..7
B. Saran ………………………………………………………………………..7
Daftar pustaka ………………………………………………………………..7

 

BAB 1

PENDAHULUAN

 A. Latar Belakang

Etnis adalah penggolongan manusia berdasarkan kepercayaan, nilai, kebiasaan, adat istiadat, norma bahasa, sejarah, geografis dan hubungan kekerabatan (Pasal 1 Angka 3 Undang-Undang No. 40 tahun 2008).

Masyarakat adalah salah satu pencipta etnis, setiap masyarakat memiliki etnis yang berbeda. Sehingga dengan adanya etnis, dapat membedakan antara masyarakat satu dengan masyarakat lainnya. Disetiap masyarakat akan menampakkan ciri khas masing-masing yang berbeda, seperti Etnis Minang Kabau dari Sumatra Barat yang di dalamnya terdapat kebiasaan yang berbeda dari etnis lainnya.

Selanjutnya, observasi ini dilakukan untuk mengetahui lebih jauh mengenai kehidupan Etnis Minang Kabau yang terjadi di daerah Kota Megapolitan ini yaitu Kota Jakarta. Dengan penelitian ini, kami ingin menguraikan tentang Etnis Minang Kabau yang dilestarikan oleh masyarakat Sumatra Barat dan sekitarnya yang berada di Jakarta.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah Etnis Minang Kabau itu ?
  2. Bagaimana proses kehidupan Etnis Minang Kabau di Jakarta ?
  3. Cara melestarikan Etnis Minang Kabau di Jakarta
  4. Apa dampak yang mempengaruhi Etnis Minang Kabau di Jakarta?

 

 

 

 

 

 

BAB 2

PEMBAHASAN

A. Pengertian Etnis Minang Kabau

Etnis Minangkabau adalah sebuah budaya yang berkembang di Minangkabau serta daerah rantau Minang. Etnis Minangkabau merupakan salah satu etnis besar di Nusantara yang sangat menonjol dan berpengaruh. Etnis ini memiliki sifat egaliter, demokratis, dan sintetik. Hal ini menjadi anti-tesis bagi kebudayaan besar lainnya, yakni Etnis Jawa yang bersifat feodal dan sinkretik.

Sebelum kedatangan bangsa-bangsa Barat di kawasan Nusantara ini, Etnis adalah satu-satunya sistem yang mengatur masyarakat dan pemerintahan, terutama di kerajaan-kerajaan Melayu, mulai dari Aceh, Riau, Malaka, Jawa, Banjar, Bugis, hingga Ambon dan Ternate.

Etnis Minangkabau pada dasarnya sama seperti adat pada Etnis lainnya, tetapi dengan beberapa perbedaan atau kekhasan yang membedakannya. Kekhasan ini terutama disebabkan karena masyarakat Minang sudah menganut sistem garis keturunan menurut Ibu, yaitu matrilinial, sejak kedatangannya di wilayah Minangkabau sekarang ini. Kekhasan lain yang sangat penting ialah bahwa adat Minang merata dipakai oleh setiap orang di seluruh pelosok negri dan tidak menjadi adat para bangsawan dan raja-raja saja. Setiap individu terikat dan terlibat dengan adat, hampir semua laki-laki dewasa menyandang gelar adat, dan semua hubungan kekerabatan diatur secara adat.

 

B. Kehidupan Etnis Minang Kabau Di Jakarta

Kehidupan masyarakat Etnis Minang Kabau sudah sangat lah kompleks di Jakarta. Banyak masyarakat Etnis Minang Kabau sudah membaur dengan masyarakat Jakarta dan bahkan sudah menetap lama di Jakarta.

Salah satu ciri khas Etnis Minang Kabau yang masih kental terjaga dan masih terkenal di jaman modern ini adalah Makanannya, atau yang biasa di kenal Makanan Khas Padang. Makanan Khas Padang bisa kita temukan di seluruh nusantara atau pun luar negeri.

*Gambar : Rendang

rendangdaging

Hasil wawancara kami dengan narasumber Etnis Minang Kabau di Jakarta

Pada hari Selasa ,22 Desember 2015, kami datang ke salah satu Rumah Makan Padang. Kesan pertama kami datang ke tempat ini adalah suasana yang nyaman, wangi makanan yang tertata rapi dan menggugah selera makan kami. Tentu saja kami langsung bertemu dengan Bpk. Ridwan Ibnu yang biasa di panggil “Ano”. Kami pun langsung meminta izin Ano  untuk mewawancarainya. Narasumber  ini bersikap ramah kepada kami.

 

Selamat Sore, Pak ! maaf kedatangan kami kemari mengganggu aktifitas bapak, kami ingin menanyakan beberapa pertanyaan ke bapak?

Sore, ya tidak apa-apa kok dik, silahkan. Tapi, panggil saja saya “Ano”.

Kampung halaman asli Ano di mana ?

Oh, saya asli dari Padang, saya Etnis Minang Kabau. Tapi, saya tinggal disini bersama keluarga dan menjual masakan padang.

Apakah Ano masih menggunakan bahasa asli dari Padang dengan keluarga ?

Iya , kami masih menggunakan Bahasa Minang untuk sehari-hari. Tapi, kami juga bisa berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia apabila berinteraksi dengan tetangga sekitar.

Apa yang menjadi alasan Ano memilih hidup di Jakarta ?

Ano dari kecil sudah di asuh sama orang tua di Jakarta. Orang tua Ano juga sudah lama merantau di Jakarta. Jadi, Ano hanya melanjutkan usaha Orang tua Ano disini.

Apakah Ano mempunyai komunitas Etnis Minang di Jakarta ?

Ano dulu sempat tau dengan komunitas itu. Tetapi sekarang keluarga Etnis Minang di Jakarta lebih induvidualis satu sama lain.

Apakah Ano mau menyatukan kembali komunitas Etnis Minang agar saling menyatu satu sama lain ?

Ano mau dik, tetapi, Ano juga setiap Hari Nasional atau Hari Libur, Ano juga sering balik ke Padang. Jadinya, keluarga Ano juga sudah kumpul kembali.

Terima kasih Ano sudah bersedia kami wawancarai dan maaf sudah mengganggu aktifitas Ano!

Tidak apa-apa dik, iya sama-sama.

35481

*Gambar: Kelompok 4 (Ivan, Aras, Sandy, Bahri, Adit, Shavira) dan Ano

 

C. Melestarikan Etnis Minang Kabau Di Jakarta

Masyarakat Etnis Minang Kabau merupakan salah satu contoh Etnis yang sudah mulai tergerus oleh jaman. Seperti hasil wawancara kami di atas, banyak masyarakat Etnis Minang Kabau di Jakarta sudah mulai hidup individual berbeda dengan di kampung halamannya.

Banyak cara yang harus kita lakukan agar Etnis Minang Kabau masih bisa lestari di kehidupan modern ini di Jakarta, yaitu:

1.Mengetahui dan mempelajari bahasa Etnis Minang Kabau

Banyak masyarakat Etnis Minang Kabau juga masih menggunakannya. Tetapi, kita sebagai masyarakat perkotaan perlu mengetahui dan mempelajarinya agar tetap lestari.

2.Menyukai Kesenian Etnis Minang Kabau

Banyak sekali kesenian dari Etnis Minang Kabau, seperti tari piring, arsitektur rumah yang menyerupai tanduk kerbau, serta Pencak Silat merupakan salah satu bela diri yang sudah turun menurun tiap generasi.

3.Makanan Khas Padang

Makanan Khas Padang merupakan budaya dari Etnis Minang Kabau yang paling terkenal. Karna teknik memasaknya yang sulit, dan memerlukan waktu yang cukup lama agar menghasilkan makanan yang nikmat. Orang-orang Minang biasa menjual makanan khas mereka seperti rendang, asam pedas, soto padang, sate padang, dan dendeng balado.

 

 

D.Dampak Yang Mempengaruhi Etnis Minang Kabau Di Jakarta

Terdapat dampak positif dan negatif yang mempengaruhi Etnis Minang Kabau di Jakarta.

Dampak Positif :

  1. Membuat Etnis Minang Kabau mudah dikenali masyarakat luar karna di Jakarta terdapat berbagai Etnis di Nusantara maupun Luar Negeri
  2. Membentuk Masyarakat Etnis Minang Kabau lebih terbuka dengan jaman modern
  3. Membuat Masyarakat Etnis Minang Kabau lebih berpikiran maju seperti masyarakat modern

 

Dampak Negatif :

  1. Menimbulkan perubahan dalam gaya hidup, yang mengarah kepada masyarakat yang konsumtif komersial. Masyarakat akan minder apabila tidak menggunakan pakaian yang bermerk (merk terkenal).
  2. Terjadinya kesenjangan budaya. Dengan munculnya dua kecenderungan yang kontradiktif. Kelompok yang mempertahankan tradisi dan sejarah sebagai sesuatu yang sakral dan penting. Dan kelompok ke dua, yang melihat tradisi sebagai produk masa lalu yang hanya layak disimpan dalam etalase sejarah untuk dikenang (dekonstruksi tradisi/disconecting of culture).
  3. Malu menggunakan budaya asli Indonesia karena telah maraknya budaya asing yang berada di wilayah Indonesia.

 

BAB 3

PENUTUP

 A. Kesimpulan

Etnis Minang Kabau memiliki ragam budaya yang mempuyai potensi besar bagi kekayaan budaya di Indonesia. Kita sebagai masayarakat Indonesia harus tetap melestarikannya agar tidak akan tergerus oleh perkembangan jaman modern di Jakarta ini. Oleh karena itu kita harus tetap menerima Etnis Minang Kabau di dalam kehidupan kita.

 

B. Saran

Keaekaragaman kebudayaan Indonesia terutama Etnis Minang Kabau harus senantiasa kita jaga dan kita lestarikan, mulai dari memperkenalkan kebudayaan-kebudayaan kepada tiap-tiap generasi diantaranya melalui pendidikan dengan memperkenalkannya agar selalu lestari.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

http://id.wikipedia.org/wiki/orang_minang

http://id.wikipedia.org/wiki/budaya_minangkabau

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s